PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi sebuah informasi. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung”. Tetapi seiring perkembangan zaman komputer tidak hanya berfungsi untuk pengolahan data aritmatika tetapi juga dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Suryadi, 1996).
Penggunaan komputer sangat beragam sesuai fungsi dan data
yang diolah. Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan
membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya
digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan
tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan
penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang
dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan lebih dari satu
juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan
gagal). CSIR MK 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan
untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalistis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga
menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar
dan penggunaan lain (Hasyim, 2008).
Penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat
murah. PC menjadi
populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak
dokumen. Perhitungan meramalkan dan berulang matematika dengan lembatang
sebar, berhubungan dengan e-posdan, internet (Wahono, 2006). Ukuran komputer seiring
perkembangan zaman dapat digolongkan ke dalam komputer mikro(micro computer),
komputer mini (mini computer), komputer kecil (small computer), komputer
menengah (medium computer), komputer besar (large computer) dan komputer super
(super computer) (Supriyanto, 2005).
Penerapan komputer sangat memudahkan kehidupan manusia.
Seiring perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam
aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia
teknologi komputer adalah pendidikan, perbankan, industri, penerbangan, militer
dan riset biologi (Jogiyanto, 2003). Adapun penerapan aplikasi komputer di berbagai
bidang yaitu :
1. Dalam bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang industri sekarang ini
telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri
lebih efisien dan lebih efektif. Di bidang industri dan manufaktur komputer
dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi,
misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan,
CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk
merancang bentuk desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah
industri atau pabrik, misalnya munculnya sebuah mesin serba guna dalam industri
metal. Dalam proses produksi komputer
dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control
proces). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara
otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan. Pengawasan Proses
berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer
untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses
produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi
proses produksi (Yuhefizar, 2003).Komputer yang dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor)
pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),
CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah
produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah
mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai
produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan
secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan
kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya
(Sudirman, 2003).Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot
yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan
robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik
dan chip-chip pada motherboard komputer (Pressman, 2002).Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi
dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan
sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang
secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya adalah
merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol
melalui komputer. Hal tersebut terjadi, karena dengan dengan pemanfaatan
tekonologi komputer pekerjaan di bidang industri akan lebih cepat terlaksana
dan praktis, sehingga manusia hanya bertugas menjalankan komputer yang telah
dirancang untuk mempermudah dalam proses pekerjaanya.Dari
penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran komputer dalam bidang
industri besar, di antaranya adalah sebagai berikut.a.
Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat
(akurat).b.
Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia
sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.
Keuntungan dari penggunaan teknologi komputer :
2. Dalam bidang Kedokteran atau Kesehatan
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah
untuk mendiagnosa penyakit yang tidak terlihat dan menemukan obat yang tepat.
Komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ-organ tubuh manusia
tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam
yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi dengan menggunaan komputer.Dalam dunia kedokteran telah ditandai munculnya penggunaan
komputer yaitu dengan menggunakan sistem CAT (Computerized Axial Tomography)
digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ
tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang
bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat
gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer
Tomography), merupakan suatu sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif
untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) merupakan suatu sistem
komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain
itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara
memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Dengan munculnya
pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran, hal tersebut sangat membantu
seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Komputer
secara tidak langsung telah membantu manusia untuk mengetahui penyakit yang
dideritanya hingga sampai pada tahap penyembuhan.
Sebagai kesimpulannya, manfaat dari penerapan komputer dalam bidang kedokteran maupun kesehatan di tiap-tiap aplikasinya antara lain sebagai berikut :· Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok
·
Melihat dan menganalisa organ – organ
tubuh bagian dalam manusia
·
Memonitoring status pasien, merecord
data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien
·
Melakukan penelitian ilmiah yang
diperlukan
·
Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan
dan mengolah data – data secara cepat dan mudah
·
Mendeteksi DNA seseorang
·
Mengecek dan mengethaui hasil tes darah
di laboratorium
·
Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan
medis
Intinya, dengan adanya komputer kegiatan – kegiatan yang
tadinya belum bisa dilakukan, saat ini sudah dapat dilakukan dengan komputer.
Penggunaan komputer membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah, cepat dan
akurat.
3. Dalam bidang Militer
Di bidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan
senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,
untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi
rahasia militer (Rahmat, 2003).Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan
untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian
pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar,
dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan pesawat ruang
angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan
dan isi planet diluar angkasa. Di bidang militer komputer juga bermanfaat untuk
mengendalikan senjata atau peluru kendali. Komputer juga digunakan untuk
navigasi kapal laut dan kapal selam, juga untuk melakukan simulasi peperangan,
dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.Di bidang militer, tentu saja computer memiliki banyak
peranan penting, yaitu di antaranya :
a. Mengendalikan senjata dan peluru kendali
Komputer digunakan untuk mensimulasikan perilaku sistem
senjata dan memberikan praktik kepada orang yang dilatih dan memungkinkan
mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Computer juga dapat merekam
kinerja yang berlatih dan menampilkannya kembali. Banyak anggota militer masuk
medan perang dengan pengalaman terbatas dalam penggunaan amunisi.Computer dapat digunakan untuk mengidentifikasi target dan
mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya dapat dilengkapi oleh
penerima Global Positioning System (GPS) yang mengidentifikasi lokasi teman
atau lawan. Bahkan computer pun dapat membantu menciptakan penangkal senjata
yang notabene canggih seperti penangkal rudal.Peluru kendali (disingkat: rudal), peluru berpandu atau
misil adalah senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem
pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah.Ada
beberapa macan peluru kendali, yaitu :
· Balistik
Peluru kendali yang memakai lintasan trayektori yang
ditentukan oleh balistik dalam sistem pengirimannya. Peluru kendali ini hanya
dikendalikan dalam masa peluncuran saja
· Jelajah
Peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan jet
sebagai tenaga penggerak. Peluru kendali jelajah intinya adalah bom terbang.
· Anti kapal
Rudal yang fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan kapal
b. Operasi persandian dan juga pengirimannya
Selaras dengan peningkatan tugas umum pemerintah dan
pembangunan, perubahan lingkungan stategik persandian, dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, maka kegiatan persandian mengalami banyak perubahan.
Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian di lingkungan
instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan teknologi
persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.Dalam era teknologi informasi modern dikenal internet dan
komputer yang mampu mentransmisikan secara elektronis (komunikasi elektronis)
segala bentuk data informasi secara cepat, tepat, efektif efisien
serta convenient (nyaman, gampang). Bahkan para industri teknologi
informasi meng-claim dapat pula menjamin konfidensialitas (kerahasiaan)
berita/informasinya dalam sistem komunikasi yang umum dan terbuka itu. Perlu
diamati lebih dalam dan tajam apakah ”umum dan terbuka” itu benar-benar mampu
melindungi konfidensialitas atau kerahasiaan pada umumnya.
c. Simulasi Perang
Simulasi adalah program (software) komputer yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu. Tujuan simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim city).Dalam hal peningkatan kemampuan pasukan, US Army mencoba model pertempuran yang menghubungkan setiap prajurit dengan sistem senjata secara elektronis. Tim peneliti dari Motorola dan laboratorium US Army di Natick, Massachusetts, merencanakan suatu prototipe dari peralatan untuk tentara masa depan. Helm prajurit dilengkapi dengan mikrofon untuk komunikasi, night-vision goggles dan thermal-imaging sensors untuk melihat di tempat gelap, dilengkapi layar di depan mata untuk mengetahui posisi dan mampu memberikan informasi yang akurat. Selama simulasi pertempuran di Fort Leavenworth, Kansas, divisi infantri dengan 20.000 personel, yang dilengkapi perlengkapan yang mutakhir tersebut, mampu menaklukkan pasukan dengan kekuatan tiga kali lebih besar. (Washington, D. W. Onward Cyber Soldier. Time Magazine, 146 (8))
d. Navigasi alat-alat perang
Computer pun digunakan untuk navigasi alat perang, contohnya
radar dan sonar. Radar adalah singkatan dari Radio Detection dan Ranging. Alat
ini hampir sama dengan sonar, tetapi menggunakan gelombang radio sebagai
pengganti gelombang suara. Gelombang radio dipancarkan dan dipantulkan kembali
oleh benda keras yang diterpanya. Semakin jauh benda yang diterpa gelombang itu
semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh gelombang untuk kembali. Bentuk benda
dan jaraknya ditayangkan pada sebidang layar mirip televisi.Radar dikembangkan pada tahun 1930-an dan digunakan dalam
Perang Dunia II untuk mengetahui kadatangan pesawat musuh. Kini radar digunakan
dalam banyak bidang. Radar digunakan kapal laut dan pesawat terbang untuk
melihat keadaan sekelilingnya pada waktu malam dan dalam kabut tebal.Sonar adalah alat yang mula-mula digunakan untuk menemukan
kapal selam di bawah air. Alat itu diciptakan oleh Inggris selama Perang Dunia
I untuk memburu kapal selam Jerman yang menenggelamkan banyak kapal sekutu.
Sonar merupakan akronim dan Sound Navigation and Ranging artinya navigasi dan
penentuan jarak dengan bantuan bunyi.
4. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
5. Bidang Transportasi
Dengan komputer
semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan
dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan
peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di
terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
kmputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat
dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan
Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
6. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa
mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya
komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat,
cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin
sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
7. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer
para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan
perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan
program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan
menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan
komputer.
8. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
9. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek
di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan
perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di
kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai
contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan
animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga
tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
10. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk
menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara
dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system
komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram
komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam
suara dengan kualitas sangat tinggi.
11. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju
seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan
dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang
dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen
yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa
mengalahkan lawan-lawanya
12. Bidang Olah Raga Pertandingan
sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan
pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di
belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua
orang.
13. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan
sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan
cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM
untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di
jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari
kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan
komputer.
Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pelajar.
Dampak positif
b. Dampak negatif
1.
Kemungkinan
besar tanpa sepengetahuan orangtua, anak ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan
unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas
2. Kecanduan bermain
komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun
melakukan aktivitas sosial.
Dampak Negatif dari Dampak Perkembangan Teknologi untuk Anak Usia 5-12 tahun
Sisi negatif dari teknologi sekarang adalah mudahnya terhipnotis sehingga tidak sedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata. Dan hal ini juga menimpa pada anak-anak terutama pada anak usia 5 hingga 12 tahun.Berikut ini beberapa dampak negatif lainnya:
1. Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia
2. Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit
anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan kesulitan.
3. Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada
kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri
dengan permainan teknologinya.
Berikut ini beberapa dampak positif1.
Anak menjadi lebih senang belajar
karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sangat menarik
2. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang disertai
gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman
lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna dari pada belajar membaca
dari buku yang itu-itu saja.
3. Permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk
belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat
kepemimpinan.
4. Anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan
angka.
5. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan
bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer.
6. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa
Inggris melalui komputer.
KEUTUNGAN DAN KERUGIAN
Keuntungannya antara lain :
Ø Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
Ø Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
Ø Terjadinya industrialisasi
Ø Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Ø Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkakan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
Ø Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah Guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
Ø Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Kerugiannya Antara Lain :
Ø Kerugiannya adalah Kerusakan computer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stress yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
Ø Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
Ø Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Sumber :
https://www.google.com/
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi sebuah informasi. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung”. Tetapi seiring perkembangan zaman komputer tidak hanya berfungsi untuk pengolahan data aritmatika tetapi juga dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Suryadi, 1996).
1. Dalam bidang Industri
Keuntungan dari penggunaan teknologi komputer :
- Industri yang telah mampu melakukan e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
- Mudahnya melakukan pemasangan iklan produk sebuah hasil industri
- Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan pada sebuah industri
- Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar
2. Dalam bidang Kedokteran atau Kesehatan
Sebagai kesimpulannya, manfaat dari penerapan komputer dalam bidang kedokteran maupun kesehatan di tiap-tiap aplikasinya antara lain sebagai berikut :· Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok
3. Dalam bidang Militer
a. Mengendalikan senjata dan peluru kendali
· Balistik
· Jelajah
· Anti kapal
b. Operasi persandian dan juga pengirimannya
c. Simulasi Perang
Simulasi adalah program (software) komputer yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu. Tujuan simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim city).Dalam hal peningkatan kemampuan pasukan, US Army mencoba model pertempuran yang menghubungkan setiap prajurit dengan sistem senjata secara elektronis. Tim peneliti dari Motorola dan laboratorium US Army di Natick, Massachusetts, merencanakan suatu prototipe dari peralatan untuk tentara masa depan. Helm prajurit dilengkapi dengan mikrofon untuk komunikasi, night-vision goggles dan thermal-imaging sensors untuk melihat di tempat gelap, dilengkapi layar di depan mata untuk mengetahui posisi dan mampu memberikan informasi yang akurat. Selama simulasi pertempuran di Fort Leavenworth, Kansas, divisi infantri dengan 20.000 personel, yang dilengkapi perlengkapan yang mutakhir tersebut, mampu menaklukkan pasukan dengan kekuatan tiga kali lebih besar. (Washington, D. W. Onward Cyber Soldier. Time Magazine, 146 (8))
d. Navigasi alat-alat perang
4. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
5. Bidang Transportasi
6. Bidang Jasa Pengiriman Barang
7. Bidang Jasa Konstruksi
8. Bidang Jasa Percetakan
9. Bidang Industri Perfilman
10. Bidang Industri Rekaman
11. Bidang Pertahanan dan Keamanan
12. Bidang Olah Raga
13. Pabrik Sepatu
Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pelajar.
Dampak positif
- Dapat membantu pengembangan intelektual dan motorik anak
- Dapat membuat anak mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk menjalin komunikasi dengan jarak yang jauh.
- Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak. Dan hal ini secara tidak langsung sangat menguntungkan untuk anak-anak karena sangat memberi pengaruh terhadap tingkat kreativitas anak.
b. Dampak negatif
Dampak Negatif dari Dampak Perkembangan Teknologi untuk Anak Usia 5-12 tahun
Sisi negatif dari teknologi sekarang adalah mudahnya terhipnotis sehingga tidak sedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata. Dan hal ini juga menimpa pada anak-anak terutama pada anak usia 5 hingga 12 tahun.Berikut ini beberapa dampak negatif lainnya:
1. Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia
KEUTUNGAN DAN KERUGIAN
Keuntungannya antara lain :
Ø Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
Ø Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
Ø Terjadinya industrialisasi
Ø Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Ø Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkakan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
Ø Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah Guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
Ø Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Kerugiannya Antara Lain :
Ø Kerugiannya adalah Kerusakan computer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stress yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
Ø Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
Ø Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Sumber :
https://www.google.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar